Latar belakang dan sejarah jaringan



Postingan berikut ini saya akan menjelaskan tentang latar belakang dan sejarah jaringan. Pada tahun 1940-an di amerika ada penelitian yang ingin memanfaatkan sebuah perangkat lunak untuk menghubungkan perangkat antara suatu computer dengan computer bersamaan . Di tahun 1950-an ketika jenis computer mulai membesar sampai terciptanya super computer, karena mahalnya harga perangkat computer maka ada tuntutan sebuah computer mesti melayani beberapa terminal . dan disinilah makanya muncul konsep distribusi. Proses berdasarkan waktu yg dikenal dgn TSS (Time sharing system) , bentuk pertama kali jaringan (network) computer dipublikasikan
Pada system TSS, beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host computer. Selanjutnya konsep ini berkembang menjadi proses distribusi (distribusi processing). Dalam process ini beberapa host computer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara parallel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri di setiap host computer. Selanjutnya ketika harga” computer kecilsudah mulai menurun dan konsep distribusi mulai matang , maka penggunaan computer dan jaringan sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar computer (Peer to peer) tanpa computer pusat .
Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan local yang dikenal dengan lan (local area network). Demikian pula ketika internet mulai di perkenalkan . Bahkan sebagian besar lan yang berdiri sendiri dan terbentuklah jaringan raksasa di tingkat dunia yang disebut dengan istilah wan (world area network)

Sekian dari saya, semoga berguna buat anda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Tempat Wisata Di Pekanbaru Riau Yang Menakjubkan

Jawaban Tugas TPK tentang POST (Power On Self Test)

Rahasia Panjang Umur Para Lansia di Spanyol Ternyata Sederhana